10 Tempat Angker Di Indonesia Dengan Kisah Paling Mengerikan

Share:
Dunia misteri adalah bagian dari obrolan sehari-hari orang Indonesia, bahkan di kota metropolitan Jakarta sekalipun. Setiap Kamis malam, stasiun televisi lokal mengisi gelombang udara mereka dengan acara kisah-kisah horor. Dari film hingga pertunjukkan permainan supranatural, cerita hantu cukup memikat orang Indonesia.

Tidak mengherankan, industri supranatural telah menjadi sumber pendapatan bagi banyak orang. Layanan paranormal, channel youtube misteri dan wisata supranatural telah menyapu jutaan orang dan telah berhasil memikat hati semua segmen masyarakat.

Penampakan makhluk astral memang tidak kasat mata - meskipun sesekali menampakkan diri - namun auranya kadang dapat kita rasakan terlebih jika kita berada di tempat-tempat angker yang sudah menjadi bagian dari habitatnya.

Berikut adalah 10 tempat angker di Indonesia dengan kisah paling mengerikan yang membuat Anda tidur dengan lampu menyala.


10. PI Bedugul Taman Rekreasi Hotel & Resort - Bali

hotel bedugul, taman rekreasi hotel & resort, bali, the ghost palace hotel, hotel terbengkalai, bedugul
(PI Bedugul Taman Rekreasi Hotel & Resort, Bali. Photo: Reddit)
Di antara jalan dari Kuta sampai Danau Beratan yang indah, sebuah resor mewah besar membentang dengan tenang menuruni punggung gunung. Bukan merupakan pemandangan yang mencolok, karena hotel itu berada dalam keadaan gelap dan kosong.

The Ghost Palace Hotel, itulah sebutan untuk hotel tersebut, atau yang dikenal dengan nama PI Bedugul Taman Rekreasi Hotel & Resort, terletak di pegunungan di dataran tinggi tengah Bedugul, 50 km utara Kuta. Hotel itu tidak terbuka untuk umum. Pintu masuk utama dijaga, tetapi dapat dimasuki pada titik tertinggi di ujung belakang dengan melompat melewati pagar.

Menurut pengunjung sebelumnya, pintu masuk melalui gerbang utama diawasi oleh petugas keamanan dan petugas kebersihan. Di beberapa titik mereka mulai mengambil bayaran sekitar Rp.10.000,- untuk memasuki hotel.

Dibangun pada tahun 1990-an, tampaknya hotel itu ditinggalkan pada malam pembukaannya. Moderenitas murni dari bangunan terlantar itu menambah perasaan bingung secara signifikan. Sesuatu yang buruk terjadi di sana yang menggoda pemburu hantu dan penjelajah kota.

PI Bedugul Taman Rekreasi Hotel dan Resort, telah ditumbuhi tanaman merambat, gulma, dan legenda. Satu cerita menunjukkan bahwa pengembang real estat di belakang proyek pembangunan hotel tersebut telah dikutuk dan meninggal dunia karena praktik bisnisnya yang korup dan kemudian bangkrut.

Yang lain bercerita tentang sebuah hotel yang beroperasi penuh dengan pekerja dan tamu, yang semuanya tiba-tiba menghilang dalam satu malam, meninggalkan hantu yang kini bersemayam di koridor hotel. Kisah hantu lainnya menorehkan kehadiran supranatural pada roh-roh pekerja yang bekerja sampai meninggal dunia dalam pembangunan hotel.

proyek investasi tommy soeharto, hotel berhantu, para pekerja meninggal, hotel bedugul penuh dengan gulma
(Indoor The Ghost Palace Hotel. Photo: Dailymail.co.uk)
Anehnya, sejarah sebenarnya dari Ghost Palace Hotel agak sulit untuk diverifikasi, tetapi skenario yang paling mungkin adalah bahwa hotel itu mulai dibangun pada awal 1990-an sebagai proyek investasi Tommy Soeharto, putra bungsu dari mantan Presiden Indonesia Soeharto. Tommy masuk penjara pada tahun 2002, setelah dinyatakan bersalah atas tuduhan sebagai dalang pembunuhan seorang hakim di Mahkamah Agung Indonesia. Selanjutnya, pembangunan hotel terhenti dan tidak pernah dimulai kembali.[1]

Sekarang ditinggalkan selama lebih dari satu dekade, bangunan itu masih menyandang perabotan dan perlengkapan hotel yang bersiap menerima tamu pertamanya.

Jika Anda cukup berani untuk menjelajahi tempat itu, Anda mungkin akan melihat arwah para korban yang berkeliaran, baik pekerja yang mati dalam kesibukan mereka untuk menyelesaikan pembangunan, atau pengembang yang mati dalam kutukan yang mengerikan.


9. SMA Negeri Komplek Tugu - Malang

sma negeri tugu, malang, sekolah berhantu, bangunan peninggalan jepang, bekas kamp konsentrasi jepang
(SMA Negeri Tugu, Malang. Photo: Wikimedia)
Terletak di pusat kota Malang, sepotong sejarah yang pernah menjadi kebanggaan kota mengalami pergantian peristiwa yang tak terduga sejak saat-saat terakhir Perang Dunia Kedua, meninggalkan kenangan pahit dan pertanyaan yang tidak terjawab.

Sekolah SMA Negeri di komplek Tugu Malang yang terbagi menjadi SMA Negeri 1, 3 dan 4, pernah digunakan sebagai kamp konsentrasi oleh pasukan Jepang, yang membuat sistem ruang penjelajahan bawah tanah yang menghubungkan komplek itu ke stasiun kereta api dan kantor gubernur.

Legenda mengatakan bahwa pernah ada dua siswa dari SMA Negeri tersebut yang mencoba untuk menjelajahi terowongan lalu berakhir mengerikan, setelah salah seorang siswa bergegas kembali sambil menjerit, terlalu trauma untuk berbicara. Siswa lainnya ditemukan dua minggu kemudian di stasiun kereta dalam keadaan terganggu.

terowongan di bawah sma negeri tugu malang, tragedi terowongan sma negeri tugu malang
(Terowongan di SMA Negeri Tugu - Malang. Photo: Hipwee)
Keanehan lain yang hingga kini belum bisa terjawab adalah misteri noda darah yang ditemukan secara acak bertebaran di lantai SMA Negeri 1, 3, dan 4. Konon katanya komplek tugu itu memang pernah menjadi tempat untuk menyiksa penduduk pribumi yang dilakukan pada zaman penjajahan Jepang dahulu kala. Sampai sekarang noda darah itu masih menampakkan diri seolah tak ingin hilang meskipun zaman telah berganti.[2]

bercak darah di lantai sma negeri tugu malang, bercak darah bekas penyiksaan jaman jepang, bercak darah tidak bisa dihilangkan
(Bercak darah yang masih membekas di lantai SMA Negeri 3 Tugu - Malang)
Bahkan yang lebih ambigu adalah bahwa setiap upaya untuk menyingkirkan noda darah tersebut (baik dengan mengganti lantai atau dengan meletakkan lapisan lain di atasnya) terbukti tidak pernah berhasil. Kadang pekerja yang mengerjakan lantai itu jatuh sakit tak lama setelah pekerjaan. “Mereka” seolah tidak ingin membiarkan siapapun menghapus kenangan atau cerita pedih yang telah terjadi dahulu kala.

Informasi dari sumber yang terpercaya, saat ini di SMA Negeri 4 lantai berdarah sudah tidak ada lagi, tetapi tangga kayu untuk menuju lantai 2 masih tetap ada. Selain itu siswa SMA Negeri Tugu juga kerap mendengar suara-suara aneh saat mereka harus pulang sedikit larut. Suara gamelan dan gending jawa sudah biasa terdengar oleh petugas keamanan maupun staff sekolahan yang bertugas pada malam hari.


8. Gunung Salak - Bogor

gunung salak, bogor, kawah ratu, misteri gunung salak
(Gunung Salak, Bogor. Photo: Jamespatrick.blogspot)
Dari banyak tempat di Indonesia yang diklaim sebagai tempat berhantu, Gunung Salak merupakan salah satu tempat yang telah menelan jumlah terbesar korban hingga saat ini, termasuk tujuh kecelakaan udara yang tidak dapat dijelaskan dalam dekade terakhir yang melibatkan pesawat yang tiba-tiba kehilangan kontak dengan menara kontrol.

Meskipun tidak setinggi kebanyakan gunung di Jawa, menaklukkan Gunung Salak dianggap sebagai tugas yang menakutkan, bahkan untuk pejalan kaki berpengalaman.

Selain jalur mautnya, danau dan gas beracun telah merenggut nyawa pejalan kaki yang sial setiap tahun. Banyak dari mereka yang bertahan hidup menceritakan kisah-kisah mengerikan yang berjalan berputar-putar selama berjam-jam ketika mereka tersesat di hutan lebatnya.

Kecelakaan udara terbaru di Gunung Salak terjadi pada 9 Mei 2012, ketika Superjet Rusia dalam uji coba diduga terbang tepat ke permukaan tebing setelah kehilangan kontak radio, dan menewaskan semua awak di dalamnya.

pesawat superjet sukhoi, serpihan pesawat sukhoi di gunung salak, bogor, evakuasi pesawat sukhoi di gunung salak, tim sar
(Serpihan pesawat superjet Sukhoi di gunung salak Bogor. Sumber photo: Repulblika.co.id - Nasional.tempo.co - Beritasatu.com)
Namun yang lebih aneh, semua tim SAR melaporkan telah mengalami mimpi yang sama persis tentang seorang wanita misterius yang membawa mereka ke sebuah rumah yang penuh dengan wanita cantik. Tim yang sama juga melaporkan telah mendengar seorang wanita menangis minta tolong, tetapi dia tidak pernah ditemukan. Teriakan aneh datang dari area yang berbeda dari kecelakaan itu.[3]


7. Terowongan Casablanca - Jakarta

terowongan casablanca, jakarta, pemakaman menteng pulo
(Terowongan Casablanca, Jakarta. Photo: Dictio.id)
Jalan Casablanca dikenal dengan tingkat lalu lintasnya yang padat, terlebih di saat jam masuk atau pulang kantor. Bahkan kemacetan selalu terjadi sepanjang hari, setiap hari. Sebagai jalan akses utama yang menghubungkan pinggiran kota ke kota, jumlah pengemudi dan etika jalannya yang cerdik pasti akan membuat Anda kesal jika menyaksikannya.

Lalu lintas sangat buruk jika kita melewati jalan Casablanca setiap hari, sehingga kita melupakan rahasia menyeramkan di balik cerita tentang jalan tersebut. Meskipun bentangan sepanjang delapan kilometer sebagian besar terdiri dari jalan lurus, merupakan sebuah fakta aneh yang mengejutkan jika kecelakaan terjadi di jalan itu setiap minggu. Dan faktanya, hal itu memang benar-benar terjadi. Bahkan jembatan layang yang baru dibangun telah merenggut sejumlah nyawa.

Menelusuri kembali ke asal usulnya, ketika jalan Casablanca dibangun pada tahun 80-an, sebuah underpass telah memotong menembus pemakaman Menteng Pulo.

Ketika pemerintah hendak membangun terowongan, kuburan itu dipindahkan ke tempat lain. Akan tetapi, ada satu misteri yang sampai detik ini masih membuat orang bertanya-tanya. Saat pemindahan jasad, ada satu jasad yang kondisinya masih utuh seperti baru dikubur. Padahal, saat itu tidak ada kuburan baru di sana.

Banyak yang percaya bahwa meskipun kuburan sudah dipindah, tetapi penghuni gaib di kuburan tersebut masih berada di terowongan tersebut. Penanganan mayat saat merelokasi mereka dikatakan telah membuat jengkel para arwah, termasuk arwah seorang wanita berbaju merah yang konon meninggal akibat tindak kejahatan.

Sejak saat itulah banyak kejadian-kejadian ganjil yang di luar nalar terjadi di terowongan. Bahkan, ketika kamu mencoba melintas di terowongan itu, kamu akan merasakan hawa yang sangat lembab melebihi kelembaban terowongan-terowongan lain.[4]

kuntilanak merah di terowongon casablanca, relokasi mayat menteng pulo, lelaki tua tergantung leher, hantu terowongan casablanca
(Gambaran kuntilanak merah yang konon sering nampak di terowongan Casablanca, Photo: idntimes)
Beberapa tahun kemudian, seorang lelaki tua ditemukan tergantung leher di ujung jalan bawah tanah.

Begitulah kisahnya, hingga orang-orang yang sudah mengetahui tentang jalan tersebut selalu mengingatkan untuk membunyikan klakson tiga kali saat Anda memasuki terowongan Casablanca jika mengendarai kendaraan, atau Anda mungkin mendapat sambutan yang tidak menyenangkan.


6. Pelabuhan Ratu - Sukabumi

pantai pelabuhan ratu, sukabumi, jawa barat, mitos pantai pelabuhan ratu
(Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Photo: Tanahnusantara.com)
Pelabuhan Ratu terletak di pantai selatan Sukabumi yang konon menyimpan legenda mistis tentang kekuasaan sang ratu di pantai tersebut bernama Ratu Nyi Roro Kidul. Menurut legenda, Nyi Roro Kidul berasal dari keluarga kerajaan, yaitu Kerajaan Mataram.

Berawal dari sebuah kisah kecemburuan dalam keluarga kerajaan pada abad ke-16 Kerajaan Mataram, telah menyebabkan kematian seorang Ratu yang menyerahkan hidupnya ke laut lepas, dan telah meninggalkan sebuah legenda yang masih hidup sampai sekarang.

kanjeng nyi roro kidul, misteri pelabuhan ratu, ratu pantai selatan, warna hijau, wisatawan tenggelam di pantai pelabuhan ratu
(Gambaran Kanjeng Nyi Roro Kidul. Photo: Sebandung.com)
Hanya beberapa jam dari kota Jakarta yang sibuk, terdapat pantai-pantai indah di Sukabumi Selatan, dengan Pelabuhan Ratu tepat di tengahnya. Itu adalah kota pesisir di mana vila-vila pantai tersebar di seluruh pantai berpasir putih, dengan panorama pantainya yang indah dan gelombangnya yang pas untuk memuaskan peselancar mana pun.

Namun di balik keindahannya, pantai itu menyimpan kejadian mistis di dalamnya. Beberapa wisatawan tidak pernah muncul kembali setelah berenang di laut. Sebagian besar korban adalah laki-laki, diduga mengenakan atribut warna hijau saat berenang, dan cerita menyebar bahwa Nyi Roro Kidul telah merenggut nyawa mereka.

Menurut penduduk setempat, warna hijau adalah warna yang sangat disukai oleh Nyi Roro Kidul. Karenanya selalu diingatkan kepada para wisatawan agar tidak mengenakan atribut, baik baju atau celana berwarna hijau bila ingin berenang di sana.[5]

kamar 308, hotel samudera beach pelabuhan ratu, legenda mistis nyi roro kidul, kamar meditasi soekarno
(Kamar 308 hotel Samudera Beach yang merupakan singgasana Nyi Roro Kidul. Sumber photo: id.wikipedia.org)
Berbeda dari kebanyakan legenda mistis di Indonesia, kehadiran Nyi Roro Kidul dihormati oleh banyak orang, termasuk Presiden Soekarno sendiri.

Bahkan, kamar 308 di Samudra Beach Hotel telah dikhususkan untuk kunjungannya. Tersedia untuk tujuan meditasi, kamar itu dirancang dengan indah dengan benang hijau dan emas (warna yang dia cintai), disiram dengan aroma melati dan dupa.


5. Stasiun Kereta Bintaro dan Stasiun Manggarai - Jakarta

tragedi bintaro, peristiwa tabrakan kereta api di pondok betung, bintaro, jakarta, 19 oktober 1987, hantu tuli di pintu kereta bintaro
(Kecelakaan Kereta Api di Pondok Betung, Bintaro, Jakarta, 20 Oktober 1987. Photo: A Muin Ahmad/TEMPO)
Dikecam secara luas sebagai kecelakaan kereta api paling parah di Indonesia, dua kereta bertabrakan secara langsung pada Senin pagi, 19 Oktober 1987, di Bintaro, Jakarta Selatan karena miskomunikasi internal.

Lebih dari 100 nyawa hilang, beberapa terlempar karena benturan, sementara yang lain mati kehabisan darah saat mereka terjepit di antara potongan-potongan logam, telah menjadi pemandangan yang mengerikan, dan butuh hampir dua hari untuk mengevakuasi mayat sepenuhnya.

Sejak itu, jumlah kecelakaan di bentangan rel yang tepat dengan tempat kejadian telah meningkat secara aneh, terutama pada hari Senin. Semakin meluas, yaitu kisah-kisah pengemudi yang tidak memperhatikan tanda-tanda peringatan kereta api yang akan datang.

Ada juga lonjakan jumlah kematian pejalan kaki karena berjalan melewati rel, tepat di depan sebuah kereta yang sedang melaju kencang, dan mereka diyakini dirasupi oleh Roh Tunarungu atau Hantu Tuli.[6]

Kecelakaan besar terbaru terjadi pada akhir 2013, ketika sebuah truk tanki minyak ditabrak kereta api, menyebabkan ledakan besar yang menewaskan tujuh orang. Dianggap sebagai Tragedi Bintaro II, kecelakaan itu mengingatkan masyarakat tentang masa lalu kereta api yang kelam.

tabrakan kereta dengan truk tanki minyak di bintaro, tragedi bintaro 2, 2013
(Tabrakan antara KRL jurusan Serpong-Tanah Abang dengan truk tangki pembawa bahan bakar di pelintasan Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan, Senin 9/12/2013. Photo: Tribunnews)
Kisah itu tidak berakhir di sana, setidaknya untuk selama beberapa dekade. Bangkai kereta api dari kecelakaan yang terjadi di Bintaro dibawa ke tempat penumpukan kereta di Stasiun Manggarai, tempat mereka akan beristirahat untuk selamanya.

Sayangnya, meskipun kereta telah berhenti beroperasi, hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk jiwa-jiwa yang melekat padanya. Selain kisah tentang kejadian aneh yang tercantum di atas, kereta api juga terlihat bepergian jauh melewati jam operasional tanpa ada yang naik.

Salah satu kisah paling aneh adalah tentang seorang mahasiswa yang menaiki kereta pada suatu malam, melihat semua penumpangnya yang lain seperti mayat korban kecelakaan. Anehnya ketika dia sampai di tujuan, kakinya menjadi sakit seperti kelelahan. Dia bercerita kepada petugas penjaga keamanan tentang apa yang dia alami barusan. Petugas mengatakan bahwa tidak ada kereta yang baru-baru ini melintas, dan mahasiswa itu akhirnya tersadar bahwa ternyata dia telah berlari sepanjang jalan.


4. Mal Klender - Jakarta

mal klender, jakarta, bekas yogya department store
(Mal Klender, Jakarta. Photo: Okezone)
Runtuhnya ekonomi Indonesia yang terjadi tiba-tiba di akhir tahun 90-an telah memicu kekerasan di dalam masyarakat, yang mengakibatkan penjarahan, pembunuhan massal, dan pemerkosaan.

Pada tanggal 15 Mei 1998, sepasukan penjarah mengambil alih Department Store Yogya Klender Jakarta Timur. Ketika penjaga toko dan pengunjung bergegas mencari tempat aman, api sengaja dinyalakan, lalu segera membakar dan menelan gedung berlantai empat itu.

Lebih dari 300 orang terjebak. Karena takut berbahaya jika mereka melarikan diri dari gedung, maka mereka tetap di dalam dan menemui kematiannya dalam kebakaran.[7]

pembakaran dan penjarahan di yogya department store, klender, jakarta timur, peristiwa mei kelabu, tahun 1998, misteri mal klender, peristiwa mistis di mal klender
(Tradegi Yogya Dept. Store Klender Jakarta Timur tahun 1998. Photo: Liputan6.com - Alamisteri.com)
Bekas luka dari apa yang sekarang disebut sebagai Mei Kelabu tetap ada di hati para keluarga, kerabat dan teman korban, tidak peduli seberapa keras mereka berusaha untuk melupakan. Salah satu momen paling kelam dalam sejarah Indonesia, insiden itu mengguncang bangsa dan juga komunitas internasional.

Meskipun department store dibangun kembali dengan nama Mal Klender pada tahun 2000, masih sulit bagi penduduk setempat untuk melepaskan ingatan traumatis yang masih ada di gedung tersebut.

Delapan hantu dikatakan masih menghantui daerah itu, termasuk penumpang hantu yang selalu dialami oleh para supir angkot yang biasanya menumpang pada malam hari, lalu menghilang beberapa ratus meter kemudian.

Sebuah lift yang merupakan bagian dari bangunan asli juga tidak pernah dibongkar, karena diyakini akan mengganggu arwah di sekitarnya.


3. Gunung Merapi - Yogyakarta

gunung merapi, yogyakarta, kerajaan jin
(Gunung Merapi, Yogyakarta. Photo: Piknik Asia)
Sama halnya seperti Yogyakarta yang diperintah oleh Keraton, Gunung Merapi juga diyakini sebagai Kerajaan - sebuah kerajaan yang tak terlihat oleh mata manusia.

Diprediksi akan meletus setiap dua hingga lima tahun, Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia saat ini. Berada di ketinggian hampir 3000 meter di atas laut, tempat itu merupakan senyawa pemandangan alam yang menakjubkan, tempat ribuan orang berduyun-duyun ke sana setiap tahun dari seluruh dunia.

Di luar apa yang bisa dilihat oleh mata kita, penduduk daerah sekitar percaya bahwa Gunung Merapi adalah Kerajaan roh yang mengatur gunung-gunung, mulai dari pemupukan tanah, cuaca, dan akhirnya, letusannya.

Alih-alih takut pada roh-roh tersebut, penduduk setempat tetap menghormati kehadiran mereka dengan menjaga lingkungannya, melindungi dan menghormati ruang mereka.

Salah satu tempat yang telah menjadi favorit bagi mereka yang ingin merasakan langsung aura supranatural di sana adalah Pasar Bubrah. Terletak tepat di bawah puncak, area itu sering digunakan sebagai tempat berkemah oleh para pendaki yang berharap untuk menyaksikan matahari terbit.

pasar bubrah gunung merapi, misteri gunung merapi, peristiwa mistis di gunung merapi
(Pasar Bubrah Gunung Merapi, Yogyakarta. Photo: Hotklop.blogspot.com)
Tapi ketika mereka akan tidur di malam hari, hiruk-pikuk terdengar seperti suara keramaian pasar memenuhi udara, disertai dengan suara sekelompok gamelan. Dan angin kencang yang membajak di malam hari memastikan bahwa mereka yang berkemah akan berpikir dua kali untuk meninggalkan tenda mereka.[8]

Hotspot misterius lainnya di Gunung Merapi adalah bunker atau tempat perlindungan bawah tanah di mana dua penjaga pernah terpanggang hingga mati saat letusan.

bunker kaliadem gunung merapi, letusan gunung merapi, pintu gerbang kerajaan jin
(Bunker yang digunakan untuk perlindungan saat gunung merapi terjadi erupsi. Photo: Pegipegi.com - Satujam.com - Jalanjalanhemat.com)
Kawah Gunung Merapi juga diyakini sebagai pintu gerbang ke kerajaan roh, tanpa ada jalan keluar.


2. Lubang Buaya - Jakarta

monumen pancasila sakti, lubang buaya, jakarta, gerakan g 30 s pki, partai komunis indonesia
(Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya, Jakarta. Photo: Beritajakarta.id)
Sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang sejarah berdarah Indonesia, Lubang Buaya adalah situs pembunuhan brutal tujuh Jenderal Angkatan Darat oleh Partai Komunis pada tahun 1965.

Tragedi itu menandai titik balik utama dalam pemerintahan Indonesia sebagai peristiwa untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno serta pejabat tinggi militer negara.

25 tahun kemudian, sebuah museum dibuka untuk mengedukasi masyarakat tentang peristiwa yang terjadi di Lubang Buaya. Dilengkapi dengan diorama seukuran lilin yang memerankan kembali bagaimana para jendral diseret keluar dari rumah mereka dan dibantai.

diorama pembantaian jenderal, kekejaman pki, boneka lilin
(Diorama pembantaian jenderal yang dilakuakan PKI. Photo: Rappler.com)
Di tengah monumen itu terdapat sebuah sumur kecil, tempat di mana mayat-mayat tujuh jenderal disiksa, dibunuh dan dilemparkan ke dalamnya.

sumur lubang buaya, tempat pembuangan para jenderal, kisah mistis di lubang buaya, misteri lubang buaya, hantu tentara berbaris, bau darah pakaian para jenderal
(Sumur tempat para Jenderal dibuang oleh PKI. Photo: id.wikipedia.org)
Namun, di balik serangkaian kematian itu, ada yang masih terus menjadi misteri di Lubang Buaya. Kawasan yang ada di daerah Cipayung, Jakarta Timur itu nyatanya sering dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Aura negatif terasa sangat kental, ada banyak pengunjung serta masyarakat yang mengalami berbagai hal aneh di sekitar kawasan Lubang Buaya.

Kawasan itu memang sudah padat penduduk, tapi tetap saja nuansa angkernya tak hilang begitu saja. Menurut pengakuan warga sekitar, suara jeritan minta tolong kerapkali terdengar dengan sangat jelas. Bukan hanya itu saja, salah satu pengunjung bahkan pernah melihat penampakan seorang tentara dengan wajah yang tidak utuh dan berlumur darah datang dari arah sumur.

Selanjutnya, bukan hanya jeritan dan tangisan saja, derap langkah kaki misterius seperti tentara yang sedang berbaris juga sering terdengar. Bahkan, dikatakan bahwa beberapa pakaian para jenderal yang dipajang di sana masih tercium bau darah.[9]


1. Lawang Sewu - Semarang

lawang sewu, semarang, bangunan peninggalan belanda, uji nyali di lawang sewu
(Lawang Sewu, Semarang. Photo: Selarasmedia.com)
Dikatakan luas sebagai tempat paling berhantu di Indonesia, Lawang Sewu terkenal karena ditampilkan dalam episode terakhir serial paranormal dari TV lokal, dimana tempat penampakan direkam di video. Beberapa hari kemudian, desas-desus menyebar melaui online bahwa salah satu peserta telah meninggal secara misterius.

Terletak tepat di jantung kota Semarang, Lawang Sewu menandai keberhasilan Belanda di Indonesia. Kaya akan suasana zaman kolonial, bangunan itu sendiri adalah bagian arsitektur yang megah dan keajaiban modern pada masa itu.

Terowongan bawah tanah yang dibuat untuk mendinginkan bangunan juga berfungsi sebagai lorong yang menghubungkan bangunan tersebut ke kediaman Gubernur dan pelabuhan.

terowongan bawah tanah lawang sewu, terowongan berhantu, hantu penunggu terowongan lawang sewu, hantu noni belanda di lawang sewu
(Terowongan bawah tanah Lawang Sewu. Photo: Madiunjasa.com)
Selama Pendudukan Jepang, Lawang Sewu digunakan sebagai markas mereka di Semarang. Ruangan bawah tanah berfungsi sebagai penjara berdiri dan penjara jongkok, tempat para tawanan pribumi disiksa secara brutal, dan kepala mereka yang dipenggal ditumpuk di sudut ruang bawah tanah.

penjara bawah tanah lawang sewu, tempat penyiksaan para tawanan perang, saksi kekejaman tentara jepang, penjara berdiri, penjara jongkok, misteri bau darah di lawang sewu
(Ruang bawah tanah yang digunakan untuk menyiksa para tawanan perang. Photo: Terseram.com)
Jika Anda menaiki beberapa anak tangga di gedung itu mungkin Anda akan merinding. Hantu seorang gadis yang bunuh diri untuk menghindari siksaan pada masa itu dikatakan sering kali masih berkeliaran di sekitar menara dengan kaki melayang di atas tanah. Dan jika Anda cukup berani bermalam di antara lorong-lorong bangunan, mungkin Anda akan menemui hantu seorang wanita berpakaian layaknya noni-noni Belanda yang konon masih bersemayam di area lorong bangunan tersebut.

Hal aneh lainnya yang terjadi di bangunan kuno itu adalah adanya bau aneh seperti darah yang tercium di area penjara berdiri. Orang-orang yang berkunjung mengatakan bahwa bila berkunjung ke penjara berdiri mereka selalu mencium bau darah.

Selain itu, ada juga suara berupa teriakan di sebuah sumur yang terletak di halaman gedung. Menurut cerita sering terdengar teriakan-teriakan orang-orang dewasa baik wanita maupun pria yang menjerit dan menangis.[10]

No comments